Manfaat dan Khasiat Sambiloto Untuk Penyakit Diabetes

Manfaat dan Khasiat Sambiloto Untuk Penyakit Diabetes - Sambiloto ialah jajaran tanaman yg mengantongi khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, tanaman ini sebenarnya telah banyak di manfaatkan buat mengobati penyakit terhadap badan kita.. telah banyak di konsumsi dan diproduksi sebagai obat jamu tradisional / jamu gendong, pada jamu gendong tanaman sambiloto merupakan hal penting buat pengerjaan jamu tradisional dan teramat diandalkan buat mengobati / menjawab keluhan penyakit yg pasien keluhkan pada dokter jamu gendong.


Tanaman Sambiloto amat sangat membantu sebagai obat herbal penting yg dapat diandalkan buat membasmi penyakit dalam badan kita , dengan tanaman herbal ini sangat meminimalkan efek samping yg berlangsung terhadap badan, dikala konsumsi dan mengobati, dan bahkan survey membuktikan tanaman herbal ini bisa dikonsumsi setiap hari , dikarenakan khasiat dari tanaman herbal ini di percaya sanggup membantu dan membasmi penyakit yg amat sangat menakutkan di badan kita, contoh penyakit yg selalui menghantui kita yakni Diabetes.

Sebagai salah satu obat herbal tanaman ini mampu dikonsumsi dalam jangka panjang , dibanding dengan obat kimia yg nantinya berefek Samping kepada organ badan yang lain.

KANDUNGAN ZAT AKTIF SAMBILOTO

  • Andrographolide, glukosida diterpen

MEKANISME KERJA

Andrographolide ialah zat aktif penting dalam sambiloto yg berfungsi buat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

HASIL PENELITIAN

Menurut penelitian Munawara dkk dari Fakultas Farmasi UGM tahun 2004 bahwa rebusan daun sambiloto sanggup menurunkan kadar glukosa darah tikus jantan.

Soedigdo dkk, ITB lewat percobaannya kepada kelici menyebut bahwa andrographolide dalam ekstrak sambiloto terbukti memiliki resiko hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah).
Minggawati, tahun 1990, Fakultas Farmasi, Universitas Widya Mandala, lewat percobaannya menyebut bahwa campuran ekstrak sambiloto : kumis kucing = 7 : 3 yg diberikan dengan cara oral dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Kencing manis (Diabetes mellitus) ialah penyakit yg ditandai dengan kadar gula darah yg melebihi nilai normal, akibat badan kekurangan insulin baik absolut ataupun relatif.


Tipe - Tipe Diabetes


1. Tipe I atau IDDM (Insulin Dependent Diabetes Mellitus)

Diabetes yg tergantung insulin, Terhadap kondisi ini kelenjar pankreas tak dapat membuahkan insulin sama sekali. Terhadap rata-rata diderita oleh beberapa orang berumur di bawah 30 tahun dan amat sering pada umur 10 – 30 tahun.

2. Tipe II atau NIDDM (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus)

Terhadap rata rata diderita oleh orang – orang berumur diatas 40 tahun dan rata-rata berlangsung kepada orang – orang dengan kondisi kegemukan (overweight). Pada kategori ini pankreas masih berfungsi namun menunjukkan defisiensi relatif, maka badan kehilangan kapabilitas buat menggunakan insulin dengan cara efektif.

3. DM yg berlangsung selama kehamilan.

Gejala-gejala Diabetes


  • Sering buang air kecil terutama di malam hari.
  • Sering haus dan lapar.- Sering ngantuk, merasa gatal-gatal dan kesemutan.
  • Kulit kering, gampang timbul borok, bisul dan luka sukar sembuh.
  • Berat tubuh terus menurun dan jadi kurus.
  • Cepat lelah dan tak bertenaga.
  • Gairah seks menurun.
  • Perempuan hamil yg melahirkan bayinya lebih dari 4 kg.


Anjuran Dan Pencegahan


  1. Makan Makanan yg banyak Mengandung serat. Mengonsumsi buah dan sayur yg banyak mengandung serat, lantaran serat membantu meningkatkan kontrol pada gula darah dan menurunkan keperluan insulin, maka sanggup meringankan penderita diabetes.
  2. Gaya hidup yg sehat lewat pola nutrisi yg sesuai. Dibutuhkan pola nutrisi yg sesuai, yg mesti dijalani dengan cara terus dan penuh disiplin.
  3. Gerakan fisik dan olahraga yg cukup. Olahraga akan mendorong badan memanfaatkan insulin.
  4. Bagi perokok supaya berhenti merokok. Lantaran nikotin akan mempengaruhi secara buruk penyerapan glukosa oleh sel.

Selain itu Tanaman herbal Sambiloto pun mengantongi beraneka khaisiat, Kashiat lain dari tanaman herbal Sambiloto dapat membantu menyembuhkan :
 
  1. Disentri basiler, diare.
  2. Disentri Herba krokot segar (Portulaca oleracea).
  3. Influenza, Sakit K epala, Demam.
  4. Batuk Rejan (pertusis),
  5. Radang paru, radang mulut,
  6. Hidung Berlendir (rinorea),
  7. Infeksi Telinga Tengah (OMA),
  8. Kencing manis
  9. Tifus
  10. Radang tenggorokan
  11. Obat malaria

Demikian manfaat dan khasiat sambiloto untuk penyakit diabetes. Konsumsi ramuan sambiloto setiap hari dan terbukti dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Bagi anda yang tidak mau repot-repot membuat ramuan sambiloto, kini ekstrak sambiloto terdapat dalam kandungan obat herbal Dansulin. Bagi anda yang berminat, silahkan >> KLIK DISINI ! << untuk informasi produk lebih lengkap dan cara pemesanannya.
Manfaat dan Khasiat Sambiloto Untuk Penyakit Diabetes | Ari | 5

0 komentar:

Posting Komentar